Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ANAKKU PINGSAN SAAT TES CPNS

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

ANAKKU PINGSAN SAAT TES CPNS
AK, CPNS 2018 Kab. Blitar, Jawa Timur
Bismillah
Allohumma Shalli ala Muhammad, Amma ba’d

Sebelumnya,  saya lulus SMA tahun 2010. Selesai sekolah, Saya diminta untuk menjadi seorang guru TK oleh warga sekitar rumah. Karena dilingkungan sekitar yg dipandang mampu & telaten dengan anak kecil adalah saya. Syukur alhamdulillah pengalaman yg saya dapat sangat banyak, meski gaji awal yg saya terima hanya 25 ribu, saya ikhlas.

Selama menjadi guru banyak hal yg terjadi, karena lingkungan yg sebagian besar masyarakat awam yg berpenghasilan pas2an, di TK tersebut bukanlah hal yg aneh jika saya harus mendapatkan prasangka buruk setiap kali selesai ada musyawrah bersama, antara saya selaku pihak sekolah dengan wali murid yg tidak faham dengan hasil musyawarah. Meskipun dalam musyawarah sudah dijelaskan, & saat ditanya bilangnya sudah jelas. Tapi rasa bangga & syukur tetap ada karena saya bisa menjadi salah satu guru pendiri di TK tersebut.

Disekolah itu saya mengajar berdua. Singkat cerita perjuangan tersebut semakin berat disaat teman saya tahu2 memutuskan mengundurkan diri, dan meminta saya menggantikannya. Karena tidak ada guru yg lain. Kini tugas saya bertambah menjadi kepala sekolah, bendahara, guru & operator saya rangkap semua. Itupun terjadi disaat saya masih punya anak kecil usia 6bulan. Alhamdulillah semua keluarga & suami tetap mendukung saya mengurusi sekolah tersebut.

Hingga akhirnya ada pendaftaran cpns tahun 2018. Saya mendaftar & memohon izin kepada pihak yayasan. Ijin saya dapat, karena saya sebagai pendiri sekolah tersebut, saya berjanji meski saya nanti bisa lolos cpns untuk tugas2 sekolah yang berkaitan dengan operator masih saya bantu.

Ujianpun dimulai, saat SKD dilakukan dikabupaten lain, meski jauh Alhamdulillah suami mendukung. Saat ujian saya diantar oleh suami & anak saya. Ujianpun sudah berlangsung, nilai saya cukup tinggi tetapi sayang sekali nilai TKP saya kurang 3point. Sedih pasti, karena tidak lulus PG..hanya doa yang bisa terucap agar ada kesempatan yang lain. Hingga akhirnya ada perangkingan dan nilai saya diinstansi yang saya daftar ternyat nilainya tertinggi.

 Alhamdulillah bisa lanjut untuk ujian SKB. Ujian SKB bertempat sangat jauh, tapi demi perjuangan tetap harus semangat. Ujian SKB ditempatkn di Jember, tempat yang jauh dan tanpa saudara, saat ujian dikota tersebut saya, anak saya, ibu mertua, suami, bermalam dimasjid dengan peserta ujian yang lain.

Sungguh jika semua sudah menjadi rejeki, & kehendak Allah lah yang terjadi. Saat ujian SKB berlangsung, putri kecilku sempat pingsan & dehidrasi. Syukur alhamdulillah ada petugas medis dilokasi ujian, hingga akhirnya si kecil mendapat pertolongan dan selamat. Selesai ujian, saya sedikit kecewa dengan nilai saya saat ujian, karena nilai rival saya cukup bagus. Hanya doa yang bisa terucap, & keyakinan dalam hati jika memang rejeki pasti bisa sukses.

Selesai ujian, saya bingung mencari suami dan anak saya. Ingin menangis mengingat perjuangan yg sudah panjang..tetapi saat ujian terakhir saya tidak bisa mendapat nilai maksimal. Begitu suami datang menghampiri, & menceritakan kondisi sikecil yg sempat mendapat perawatan medis, lengkap sudah rasanya kesedihan yang ada. Hingga akhirnya suami menanyakan nilai ujian. Hanya catatan nilai yg saya peroleh & rival saya yg saya berikan. Setelah sedikit tenang, kami mencoba menghitung hasilnya bersama2. Sungguh nilai yg sangat tipis, nilai akumulasi akhir dari hasil ujian hanya terpaut 0,24 saja. Meski hasil nilai masih unggul saya, tapi kekhawatiran masih tetap ada manakala rival saya mempunyai sertifikat pendidik. Hanya doa kepada Alloh & keyakinan dalam hati, semoga ini menjadi rejeki buat keluarga kecil kami.

Menunggu waktu pengumuman sungguh mendebarkan. Dan syukur Alhamdulillah, jika sudah kehendak Allah & menjadi rejeki, semua keikhlasan, kesabaran, & perjuangan akan terbayarkan dan indah pada waktunya. Akhirnya saya bisa lolos menjadi cpns..

Untuk cpns kemarin, karena tugas sebagai ibu & pengelola sekolah, hanya waktu2 senggang yg sangat sedikit yg bisa digunakan untuk belajar, saya h
anya mengandalkan hp yg selalu saya bawa keman- mana untuk belajar. Yg terpenting, tetap berdoa, berusaha, jgn lupa sedekah & amal2 sunah lain seperti sholat malam harus dilakukan. Yakinlah bahwa semua berasal dari Ridho dan kehendak Allah.

TIPS buat PEJUANG CPNS
  1. Banyak2 bersedekah,
  2. dibarengi dengan membaca Materi meski hanya sebentar.
  3. Gunakan waktu luang Untuk membaca atau mengerjakan soal meski hanya beberapa soal yg terjawab.
  4. Lakukan semua pekerjaan hanya untuk mendapat Ridho Allah.
  5. Tetap bersabar menghadapi ujian. Semua kan indah pada waktunya.

Alhamdulillah

Berlangganan via Email